Grid.ID – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan nafas pertumbuhan ekonomi Tanah Air. Oleh sebab itu, perhatian diberikan kepada sektor usaha tersebut agar dapat maju dan naik kelas.
Upaya mendukung ekosistem UMKM dan perkembangan bisnisnya dilakukan oleh banyak pihak, termasuk platform marketplace. Dengan keunggulan mudah diakses kapan saja dan di mana saja oleh konsumen, marketplace hadir sebagai wadah UMKM untuk memperluas pasar.
Demi menyebarkan semangat cinta produk lokal, marketplace pun mengadakan beragam program kreatif. Salah satu contohnya, Shopee Pilih Lokal yang digagas oleh Shopee Indonesia. Program ini sejalan dengan komitmen marketplace berwarna oranye tersebut untuk mempermudah akses konsumen terhadap produk-produk UMKM dari seluruh Indonesia.
Dengan pendekatan inklusif, Shopee Pilih Lokal memberi peluang yang sama bagi UMKM dari seluruh Indonesia untuk berkembang. Jadi, tidak hanya UMKM di kota besar saja yang merasakan pertumbuhan usaha serta manfaat ekonomi digital, tetapi juga di tingkat kabupaten.
Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, Shopee Pilih Lokal berhasil menjadi showcase produk UMKM dari seluruh Indonesia dan mempertinggi brand awareness mereka.
Baca Juga: Manfaatkan Shopee Live, Brand Lokal Dushishoes Dapat Peningkatan Pesanan hingga 16 Kali Lipat!
Terbukti, pada paruh pertama 2024, section khusus Shopee Pilih Lokal berhasil menarik lebih dari 29 juta pengguna Shopee untuk berkunjung serta berbelanja beragam produk UMKM lokal. Sebagai informasi, produk yang ada di Shopee Pilih Lokal telah dikurasi berdasarkan kualitas.
“Kami bangga bahwa pada semester awal 2024 Shopee Pilih Lokal bisa berkontribusi menciptakan pasar yang potensial bagi UMKM. Tidak hanya UMKM yang berdomisili di kota besar, tetapi juga tingkat kabupaten, seperti Klaten, Pandeglang, dan Mojokerto,” kata Monica.
Ia mengungkapkan, UMKM dari ketiga kabupaten tersebut mencetak peningkatan transaksi tertinggi pada semester awal 2024.
“(Keikutsertaan dalam Shopee Pilih Lokal) ini menunjukkan bagaimana pelaku UMKM lokal dari berbagai daerah memanfaatkan Shopee sebagai mitra untuk menciptakan bisnis yang berkesinambungan, serta penetrasi pasar melalui teknologi digital yang inklusif,” lanjut Monica.
Beda wilayah, beda pula produk favoritnya
Kemudian, Monica juga menjelaskan bahwa produk yang digemari dan banyak dipesan dari UMKM di beberapa wilayah cukup bervariasi. Adapun perbedaan preferensi produk tergantung pada letak geografis, kondisi cuaca, serta gaya hidup di setiap wilayah.
Innalillahi, Mayangsari Bawa Kabar Duka, Istri Bambang Trihatmodjo Nyesek Lepas Kepergian Wanita Kesayangannya Ini: Mati Itu Pasti
Penulis | : | Sheila Respati |
Editor | : | Sheila Respati |
Artikel ini merupakan bagian dari Lestari, program KG Media yang merupakan suatu rencana aksi global, bertujuan untuk menghapus kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.