Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum
Grid.ID - Mantan penyanyi cilik Tasya Kamila membocorkan tips sukses menjadi affiliator.
Affiliator sendiri merupakan orang yang mempromosikan produk di internet dengan menggunakan media sosial.
Tasya memang baru saja bergabung menjadi affiliator, tetapi dia sudah familiar dengan tugas seorang affiliator.
Pasalnya, sebagai seorang konten kreator, Tasya juga seringkali mempromosikan sebuah produk atau jasa di media sosial.
Karena alasan itulah Tasya mau bergabung sebagai seorang affiliator yang mendapatkan komisi dari produk yang dia promosikan.
"Aku kan baru bergabung, cuman kan selama ini pastinya kita sebagai konten kreator atau influencer banyak juga membantu brand brand yang mana linknya sudah jual ke Shopee."
"Makanya dari Shopee (menawarkan) 'Kenapa nggak jadi affiliate aja? Kan linknya ke Shopee nanti kamu dapat commission'. Ya bener juga," kata Tasya di Media Gathering Shopee di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2024).
Sebagai seorang affiliator, Tasya selalu memantau postingan seperti apa yang biasanya memikat pengikutnya di media sosial.
Dia pun berusaha untuk membuat postingannya supaya terlihat tulus dalam merekomendasikan produk.
Istri dari Randi Bachtiar ini menghindari penggunaan metode hard selling dalam postingannya.
Baca Juga: Enggan Istirahat Terganggu, Tasya Kamila Selektif Pilih Popok untuk Anak
"Kalau tips dari sisi kayak selama ini posting apa sih yang engage supaya orang klik linknya supaya orang mau beli, pasti postingannya dibikin genuine, nggak terlalu memaksakan, iklan, hardselling banget. Aku biasanya soft selling sih," ujarnya.
Tasya biasanya mempromosikan produk seperti pakaian yang dia kenakan sehari-hari.
Sebab, ada banyak sekali pengikutnya di Instagram yang tertarik dengan outfit yang ia kenakan.
"Yang sehari hari aja di-share. Contohnya OOTD, itu biasanya banyak banget yang nanya 'kak spill dong celananya, kak spill dong roknya' atau apa. Terus langsung sematkan linknya," jelasnya.
Perempuan 31 tahun ini juga mempromosikan produk-produk yang digunakan kedua buah hatinya.
Untuk mempromosikan produk anak, Tasya biasanya juga menjelaskan manfaat ataupun kelebihan dari produk tersebut.
"Selain itu biasanya produk-produk untuk anak-anak biasanya kita kasih tahu juga manfaatnya apa, apa keunikan dari produk ini, apa yang aku suka dan rekomendasi," tutur Tasya.
Pelantun 'Libur Telah Tiba' ini begitu menekankan ketulusan dalam mempromosikan produk.
Dia juga memastikan telah mencoba dan menyukai produk-produk sebelum merekomendasikan ke pengikutnya.
Dengan begitu, ketulusan pasti akan terpancar dengan sendirinya sehingga membuat orang yakin untuk ikut membeli.
"Sebenarnya intinya sih genuine aja, jadi kita kalau rekomendasiin produk atau apa, kalau dari aku juga dicobain dulu pastinya sebelum aku rekomendasikan," paparnya.
Baca Juga: Turut Menjaga Lingkungan, Tasya Kamila Olah Sampah di Rumahnya, Sang Artis Bagikan Caranya
"Jadi pasti dicobain dulu, akunya pun sesuai dengan dengan kualitasnya, istilahnya dikurasi oleh aku, sehingga followers yang mau membeli produknya percaya bahwa itu sesuai dengan kualitasnya atau itu benar-benar rekomendasi aku," tandasnya.
(*)
Beda Jawaban Ini dengan Marshanda, Nia Ramadhani Lebih Milih Jadi Kaya tapi Berwajah Jelek: Miskin Banyak Godaannya
Penulis | : | Ragillita Desyaningrum |
Editor | : | Ayu Wulansari K |