Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana
Grid.ID – Virus Corona (Covid-19) telah banyak mengubah pola kehidupan manusia.
Dalam situasi ini juga roda perekonomian harus tetap berjalan dengan mengedepankan langkah-langkah pencegahan.
Hal itu karena besarnya jumlah populasi pekerja dan besarnya mobilitas, serta interaksi penduduk umumnya disebabkan aktivitas bekerja.
Kini Indonesia tengah bersiap menghadapi new normal.
Bersamaan hal tersebut, berbagai protokol kesehatan harus semakin ditingkatkan.
Termasuk banyak orang mulai lebih peduli terhadap kebersihan hingga pola makan.
Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama berminggu-minggu dan seiring dengan lockdown yang berlangsung telah mempengaruhi cara manusia membeli dan mengonsumsi makanan.
Berikut ini sejumlah kebiasaan makan yang berubah semenjak adanya pandemi virus corona yang mungkin tidak kamu sadari.
Dikutip Grid.ID dari laman Reader's Digest via Travel.tribun, Kamis (28/5/2020), berikut sembilan kebiasaan makan yang berubah setelah adanya pandemi virus corona:
Masakan rumah dan rutinitas memasak akan terus populer
Terjebak di dalam rumah semalaman, selama beberapa minggu membuat banyak orang mulai terbiasa untuk memasak dan mengonsumsi makanan rumahan.
Direktur Penelitian dan Wawasan National Park Board, Tara-Ann Dugan mengatakan, rutinitas ini tidak akan berhenti setelah pandemi berakhir.
“Sebelum pandemi, pedagang makanan khawatir tentang penurunan permintaan karena orang-orang mulai terbiasa memasak di rumah,” kata Dugan.
“Sekarang, konsumen menemukan waktu mereka di dapur dan menghemat pengeluaran dengan cara yang baik,” tambahnya.
Dugan memprediksi tren makan masakan rumah akan terus bertahan usai pandemi berakhir.
Makanan kalengan, beku, dan instan lebih populer
Meskipun telah ada langkah yang pasti untuk membeli dan makan makanan lokal yang segar selama beberapa tahun terakhir, pandemi ini memberi masyarakat cara baru dalam menilai produk kalengan, beku, dan instan.
Peralihan ke makanan beku dan kalengan terjadi selama lockdown karena orang-orang lebih sedikit melakukan perjalanan ke toko kelontong.
Bahkan mereka yang sebelumnya akan mencibir pada gagasan menyimpan segala jenis makanan mungkin sudah mulai melakukannya dalam beberapa minggu terakhir.
Ahli Gizi Diet di Mary Free Rehabilitation Hospital, Hannah Skaggs, mengatakan, "di Amerika Serikat, kami memiliki apresiasi baru untuk barang-barang kalengan dan barang-barang yang dapat disimpan dan telah belajar untuk memasukkannya ke dalam makanan sehari-hari dan bermain dengan resep baru," katanya.
Konsumsi daging menurun
Salah satu dari banyak efek samping pandemi telah memengaruhi produksi daging, di mana ini akan berpotensi lanjut setelah wabah berakhir.
"Karena fasilitas pengemasan daging terbatas pada tingkat historis, kami telah menyaksikan pembatasan pembelian daging," kata Skaggs.
"Sulit untuk mengatakan, bahkan jika semua pabrik pengolahan dibuka hari ini, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa memenuhi permintaan daging," imbuhnya.
Akibatnya, Skaggs mengatakan bahwa banyak orang yang mencari pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan protein mereka, seperti makanan laut dan sumber protein non-daging.
Perubahan ini mungkin bertahan di luar rentang pandemi ini," tambahnya.
Kebiasaan belanja berubah
Bahkan jika kamu tinggal di suatu tempat yang belum terkena dampak parah oleh Covid-19, kamu mungkin akan lebih jarang berbelanja daripada beberapa bulan yang lalu.
Faktanya, sebuah survei baru menemukan bahwa belanja bahan pangan online di Amerika Serikat akan meningkat sebesar 40 persen pada tahun 2020, sebagian berkat pandemi (juga karena orang-orang hanya menyukai kenyamanannya).
Tapi, seperti yang ditunjukkan Skaggs, pengecer online biasanya menawarkan lebih sedikit pilihan baru karena masalah logistik dalam pengiriman, serta menyimpan jenis makanan tersebut.
"Ini telah menyebabkan peningkatan konsumsi makanan olahan," katanya.
Selain itu, pilihan penjemputan di tepi jalan dari toko grosir dan restoran kemungkinan akan terus menjadi populer.
Dugan mencatat bahwa, "pemilik restoran yang cerdas akan mengubah perusahaan mereka menjadi 'tujuan solusi makan,' menawarkan lebih dari sekadar makanan berikutnya, tetapi juga pilihan untuk sarapan atau makan siang pada hari berikutnya."
Lebih memilih konsumsi makanan sehat
Perubahan berikutnya yakni memilih konsumsi makanan sehat.
Di mana beberapa orang ingin mencoba segala daya mereka untuk tetap sehat dan di samping itu, makan makanan sehat menjadi ide yang baik.
Diet seimbang yang diisi dengan buah-buahan dan sayuran segar, pilihan protein tanpa lemak, biji-bijian, dan lemak jantung-sehat dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan berpotensi mencegah risiko penyakit tertentu.
Makanan lokal sering dicari
Meskipun mengonsumsi makan lokal dan mengetahui dari mana makanan berasal bukanlah tren baru, namun hal itu menjadi lebih penting daripada sebelumn masa-masa pandemi.
Konsumen cenderung mencari makanan yang mendukung komunitas mereka dan pertanian lokal, dan keinginan itu telah meningkat 430 persen selama pandemi, menurut Laporan Dampak Yelp Coronavirus.
"Makan lokal bermanfaat bagi masyarakat lokal dan ekonominya," kata Sedivy.
"Ini juga mengurangi transit makanan, yang pada gilirannya mengurangi jejak karbonnya, dan menyediakan makanan padat nutrisi yang berada pada puncak kematangannya yang siap dimakan," imbuhnya.
Demikian pula, Steven Salm, CEO Chase Hospitality Group, mengatakan bahwa restoran kemungkinan akan berevolusi untuk mulai menyajikan makanan yang didapatkan dari petani, nelayan, dan pemasok lainnya yang menerapkan metode yang berkelanjutan dan aman.
Hal ini memungkinkan pengunjung mendapatkan ketenangan pikiran setelah mengetahui bahwa makanan mereka berasal dari tempat terbaik.
"Restoran perlu mengambil tanggung jawab untuk membentuk kembali rantai pasokan kami, jadi kami memusatkan daya beli kami terhadap pemasok yang saat ini dilupakan, di mana mereka yang mengedepankan misi untuk peduli dengan kesehatan, keselamatan, dan kekebalan manusia," kata Salm.
Perubahan kebiasaan makan di tempat kerja
Salah satu bagian paling menarik dari budaya kantor baru adalah makanan gratis.
Entah itu kulkas penuh seltzer atau bermacam-macam makanan ringan, semakin banyak kantor menawarkan semacam tunjangan makanan kepada karyawan sebelum pandemi.
Katering di kantor dan fasilitas makanan mungkin perlu ditata kembali untuk mematuhi langkah-langkah kesehatan dan keselamatan yang lebih tinggi.
Seperti beralih dari makanan ringan massal dan makanan bergaya prasmanan ke solusi yang lebih higienis, telah dikemas, layanan tunggal, menurut Michael Wystrach, CEO dan pendiri Freshly.
"Selain itu, akan ada upaya tinggi untuk menyediakan makan siang bagi karyawan di tempat kerja agar mereka tidak keluar dan berpotensi membawa kuman luar kembali ke kantor," katanya.
Wystrach mengatakan, jam makan siang mungkin menjadi masa lalu karena karyawan mungkin diminta untuk makan di meja mereka alih-alih berkumpul dalam pengaturan kelompok.
"Pengaturan dapur dan tempat istirahat juga perlu diubah, termasuk hal-hal seperti membuang microwave dan tempat duduk, membuat peralatan sentuh dan pilihan minuman,"imbuhnya.
Lebih banyak makan bersama di rumah
Salah satu efek samping positif dari pandemi ini adalah orang-orang lebih banyak meluangkan waktu untuk makan bersama baik secara langsung, maupun secara virtual di rumah.
"Saya juga melihat keluarga yang biasanya makan bersama menjadi lebih santai di sekitar tempat itu, dan kadang-kadang makan di depan TV, membawa kembali makan malam TV dan menonton film," kata Becky Mehr, Sutradara Layanan Nutrisi Rawat Jalan The Renfrew Center.
Nama merek menjadi kurang penting
Mengingat terganggunya rantai pasokan makanan selama pandemi, orang-orang telah mengabaikan merek-merek makanan yang mereka konsumsi.
Satu survei terhadap lebih dari 24.000 orang Amerika yang dilakukan oleh aplikasi hadiah belanja, Shopkick, menemukan bahwa 85 persen orang tidak peduli dengan nama merek saat berbelanja, dan bersedia mencoba barang baru atau berbeda, mungkin karena sering kehabisan barang yang akan dibeli.
"Pembeli semakin kreatif tentang cara menaruh makanan di atas meja dengan pergi keluar dari perilaku pembelian tradisional mereka untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga mereka," kata Dave Fisch , Pakar Ritel dan Manajer Umum di Shopkick.
"Ini bisa berarti menukar telur yang terjual habis untuk makanan kaya protein lainnya seperti kacang, meraih wadah air seltzer ketika air botolan tidak tersedia, atau memilih merek generik di atas barang-barang pricier. Merek dan barang baru ini mungkin bisa tetap menjadi barang rutin pembeli," imbuhnya.
(*)
Viral Polisi Tembak Polisi, AKP Dadang Iskandar Nekat Tembak Juniornya hingga Tewas, Ternyata Sempat Beri Ancaman Ini ke Polisi Lain
Penulis | : | Devi Agustiana |
Editor | : | Winda Lola Pramuditta |